this is me

Latest

cek mention

cek mention by toing djayadiningrat
cek mention, a photo by toing djayadiningrat on Flickr.

Seorang teman mengundang saya untuk melihat pameran sekar jagad yaitu pameran batik keraton yogyakarta di puro pakualaman yogyakarta. Dan kali ini cukup istimewa karena saya bisa datang di hari pertama pameran dimana hanya tamu undangan khusus yang bisa datang. Pameran ini diadakan selama 3 hari, dimana 2 hari terakhir dibuka untuk umum.

Disela-sela pameran saya lihat sekelompok sepuh yang sedang memainkan gamelan dengan sangat lihainya, sehingga saya sempat terpaku untuk melihat mereka memainkan gamelan tersebut. Dan pada saat rehat sejenak saya lihat seorang bapak penabuh gendang tiba-tiba mengeluarkan ponselnya untuk sekedar mencek mention2nya hehehe..

Buat saya ini adalah momen unik dan segera saja saya menjepretnya dengan kamera yang sudah ‘on’ ditangan saya.

Pin BBnipun pinten pak? 🙂

Dibalik “Si Unyil”

Unyil kucing..!

Buat anak2 yang dulu seusia saya, pasti minggu pagi di tahun 1981 nongkrong di depan TV buat nungguin aksinya serial panggung boneka si Unyil. Hehehe Si Unyil memang film favorit di masa kecil, selain ceritanya yang Indonesia banget juga belum ada pesaingnya 🙂 Sudah lama pengen nulis tentang Si Unyil, dan sepertinya kali ini adalah saat yang tepat untuk menulis sedikit tentang Unyil.

Menurut catatan yang saya peroleh ada 3 orang dibalik suksesnya serial Si Unyil waktu itu (sumber):

Drs. Suyadi, saat itu adalah salah satu ahli animasi di Indonesia yang jumlah keseluruhannya bisa dihitung make jari, gan. Pria kelahiran Jawa Timur kelahiran 28 November 1932 ini adalah lulusan Departemen Senirupa ITB. Setelah ia lulus dari situ, ia melanjutkan studi nya pada bidang film, di Cineastes Associes and Les Films Martin Boschet, Paris tahun 1961-1964. Awal nya ia bekerja menjadi ilustrator buku, khususnya buku anak-anak.

Setelah bertahun-tahun menjadi ilustrator, Suyadi pun berpindah dengan menggarap film-film animasi. Awalnya ia hanya membuat film animasi untuk iklan-iklan masyarakat. Sampai akhirnya ia menyentuh cita-cita nya, membuat film animasi untuk anak-anak dari boneka.

Kurnain Suhardiman adalah orang dibalik cerita-cerita si unyil gan. Bapak Kurnain lahir di Surabaya 5-Agustus-1928. Ia adalah Sarjana Muda UnPad pada fakultas hukum. Sejak kecil ia suka pada bidang tulis menulis. Dunia film dikenalnya sekitar tahun 1956 ketika ia belajar ke Kanada. Awalnya Kurnain bekerja sebagai guru. Dan dimasa itulah gagasan si unyil lahir. Ia memulainya di majalah Suluh Pelajar, membuat dongeng si Unyil dengan beberapa karikatur yang dimuat secara bersambung. Pada 1961, setelah berhenti jadi guru, ia bergerak pada bidang Film. Sebagai Sutradara, beberapa film di hasilkan olah tangannya, salah satunya adalah, kabut di kintamani. Pada tahun 1965, ia bertemu Suyadi untuk membuat film animasi boneka. Sejak saat itu, Si Unyil “dibonekakan”. Pak Le…begitulah orang orang memanggil pria yang bernama lengkap kurnain suhardiman. Dialah orang yang membuat tokoh si unyil yang kita tahu sebagai tokoh Made In Indonesia,atau tokoh yang memang benar buatan asli Indonesia. Hobby Pak Le membuat film … Dari film “Kuntilanak”, ” Lampu Merah” sampai juga iklan obat memakai kartun.
Awal mula pak le bisa mendapat Inspirasi untuk membuat tokoh ini dari seorang sepupunya yang bernama Julianto.Julianto akrab dipanggil si Kunyil oleh pak le,Namun Pak Le lebih sering menyingkat nya menjadi si Unyil. Sebelom ada Boneka Si Unyil,Memang tadinya cerita si Unyil adalah cerita turun temurun keluarga,yang dibuat sedemikian rupa. Tokoh Mei Lan itu sebenarnya karena ada familiy yang masih kecil mukanya lucu seperti Mei Lan .sekarang dia sudah jadi Dirut suatu perusahaan.
Bagaimana boneka si Unyil bisa terbentuk?
itu dikarenakan pada suatu hari pak le mengetahui bahwa sepupunya yang bernama Julianto sedang gemar membuat boneka sarung dari kain bekas dan dijahit.Inilah yang membuat beliau terinspirasi untuk membuat boneka si unyil…dan akhirnya boneka si unyil pun terbentuk seperti yang kita tahu sampai sekarang ini. Pak Le Kurnain Suhardiman memang sudah tiada, tetapi karyanya menjadi legenda di tanah air Indonesia. Siapa yang tidak kenal film boneka Si Unyil yang ditayangkan di TVRI tahun 1981 – 1993

Bapak Gufron Dwipayana, adalah Penanggung jawab dari film Si Unyil dari PPFN, gan. PPFN itu adalah Pusat Produksi Film Nasional, yang berlokasi di Otista, Jakarta Timur. Nah, bapak Dwipayana ini nih yang mempercayakan tim produksi Si Unyil untuk berproduksi di studio PPFN. Prusahaan Film Negara saat itu seringkali di curigai oleh seniman menuntut dibuatkan film propaganda. Tetapi Pak Dwipayana meyakinkan, kalau Film Si Unyil murni hiburan untuk anak-anak. Maka, Suyadi cs setuju, dan pak Dwipayana menyediakan studio di PPFN dan menyediakan dana 4 juta setiap episode, dengan kamera 16mm.

Ditujukan kepada anak-anak, film seri boneka ini menceritakan tentang seorang anak Sekolah Dasar (yang lalu akhirnya setelah bertahun-tahun lamanya bisa mencapai posisi Sekolah Menengah Pertama) bernama Unyil dan petualangannya bersama teman-temannya. Kata “Unyil” berasal dari “mungil” yang berarti “kecil”.

Seminggu terkahir ini di televisi ramai diberitakan bahwa Drs. Suyadi (pak raden) mengamen demi membeli hak cipta si Unyil ciptaannya. Aksi ini megundang keprihatinan banyak pihak seperti artis, selebriti,  bahkan pejabat negara dan tentu saja: saya.

Kasus hak cipta banyak yang berujung pada ketidak adilan sang empunya karya, sebagai contoh warkop DKI yang sampai sekarang tdak mendapat royalti ketika filmnya diputar di TV ck ck ck berapa kali dalam setahun TV2 Indonesia menyiarkan film2 warkop? Masak hanya karena tidak ada kontrak hakcipta, si warkop tidak dibayar?!

Saya cuman seorang warga desain grafis yang tidak tahu tentang bagaimana hukum mengatur hak cipta, tapi saya cuman ingin menyampaikan bahwa sebuah karya selalu akan melekat pada penciptanya apapun yang terjadi, jika bicara hak cipta barangkali sipencipta bisa saja tidak tahu menahu tentang hukum.

Bagaimana hak cipta jika namanya diganti saja menjadi hak hati nurani?

Untuk pak Raden, saya cuman bisa mendukung lewat gambar profil facebook, semangat terus pak..!

Sumber dan referensi:

sejarah film Si Unyil: wikipedia

ideanimasi

sejarah unyil: kaskus

kisah pak raden: uniqpost

warna warni jogja

Jogjakarta, dulu sewaktu saya masih kecil di CIlacap mendengar kabar tentang kota Jogja adalah kotanya mahasiswa bahkan disebut sebagai Indonesia mini. Karena warga yang berasal dari berbagai macam suku, golongan dan agama tinggal damai di Jogja.

Setalah saya tinggal di Jogja ternyata benar walau banyak perbedaan disini tapi Jogja relatif tenang dan damai.
Dan saya ingin merepresentasikan Jogja dengan foto ini: warna warni Jogja.

Edited: setelah foto ini tayang di flckr dan WP banyak yang mengira bahwa saya membeli beberapa balon kemudian meletakannya di dekat lampu jogja dan memotretnya hehehe… sayangnya pendapat itu salah. Foto ini 100% street hunting with no directing at all. Kala itu saya sedang berkumpul sore2 dengan teman2 fotografi di alun2 utara Yogyakarta, ceritanya mau hunting sekatenan dan sunset. Sehabis jeprat jepret kami duduk dipinggiran alun2 yg kala itu anginnya kuenceng banget. Tiba2 mata saya tertarik pada sekumpulan penjual mainan anak2 dipinggiran alun2 yang salah satunya menjajakan balon udara ini. Saya langsung lari mendekat sambil “mengincer’ sudut terbaik untuk memotret balon ini, eeee.. ternyata disitu ada lampu jogja yang baru saja menyala dan jepret! Saya mengambil sekitar 8 jepretan dan hanya ini yang terbaik, kenapa? karena saat itu matahari sudah mulai gelap dengan lensa bukaan f4.0 otomatis speednya drop ditambah angin yang kenceng yg membuat balon2 ini bergerak kesana kemari. Dan satu lagi sebenarnya ada 2 lagi foto yang jelas hanya saja langitnya tidak secerah foto ini karena hanya dalam beberapa detik kala itu tiba2 langit menjadi gelap.

Selamat berburu foto 🙂

Damailah kotaku, sejahteralah kotaku.
Peace… 🙂

vintage morning @ kotagede

Lewat foto ini saya mencoba mengajak anda merasakan suasana pagi dan hiruk pikuk kota tua: Kotagede Yogyakarta, Indonesia.

Kotagede adalah sebuah kota tua kecil di pinggiran kota Yogyakarta. Kerajinan perak dari kota ini sangat terkenal di seluruh dunia karena keunikan desainnya. Lorong-lorong pemukiman kota ini sangat indah diabadikan. Semoga postingan kedepan saya bisa menyajikannya untuk anda

Teknik foto macro sederhana

hai.. ketemu lagi. Mau sharing ya..

Sebelumnya definisi foto makro menurut “Pak Guru Wiki” adalah: Macrophotography is close-up photography, usually of very small subjects. Classically a macrophotograph is one in which the size of the subject on the negative is greater than life size. However in modern use it refers to a finished photograph of a subject at greater than life size.

Yang intinya adalah teknik foto dengan membesar obyek yang sangat kecil dengan bantuan lensa makro. Sedangkan menurut saya secara pribadi foto makro bukan hanya sekedar teknik membesarkan gambar tapi juga menangkap seni keindahan dari obyek yang kita besarkan tadi. Misal motret makro semut, foto makro bukan hanya membesarkan foto semut jadi gede, tapi menangkap keindahan dari semut2 tadi apakah mereka lagi gandengan, makan, pacaran, nyante, nari, dangdutan dll. Gimana caranya? Itulah yang sulit.. nungguin mereka 😀

Genre fotografi makro adalah salah satu genre yg belum pernah saya lakukan, kenapa? karena saya nggak begitu suka dengan foto macro akibat gak punya lensa macro hehehe… Tapi setelah kesekian kalinya di tag temen2 dgn foto macro mereka akhirnya saya jadi gatel juga pengen motret makro.

Tapi aku gak punya pulsa… eeh salah…  gak punya lensa makro? trus gimana? Setelah ngubek forum dan internet akhirnya saya coba simpulkan beberapa cara memotret makro:

1. Cara paling ampuh: beli lensa makro hehehe.. ada bermacam2 lensa macro, biasanya lebih dari 3 juta. Konon semakin mahal semakin baik 🙂 Saran saya: belilah lensa makro dengan FL dan bukaan yang fix, misal: 50/2.8, 50/3.5, 60/2.8, 85/1.8, 90/2.8, 105/2.8, 180/2.8 dst

sumber gambar: the-digital-picture.com

.

2. Dengan filter close up, cara ini sangat sederhana dengan memasangkan filter dilensa kita tapi kekurangannya gambarnya kurang tajam dan bluring diarea pinggir.

Contoh hasil Lensa Pentax SMC 28/3.5 (sangat baik ketajamannnya) ditambah filter close up 1-2-3:

 sumber gambar: koleksi pribadi

Contoh hasil dengan lensa Minolta AF 50/1.7 ditambah filter close up 1-2-3:

 sumber gambar: koleksi pribadi

penjelasan teknisnya

 sumber gambar: wikipedia

.

3. Dengan reverse ring, yaitu memasang terbalik lensa dibody kamera. Cara ini cukup ampuh dan murah. Kekurangannya: pembesarannya kurang ektrim, tajam hanya di area tengah saja dan sekelilingnya blur.

Contoh Leica Summicron 50 dengan teknik reversed lens:

 sumber gambar: koleksi pribadi

sumber gambar: dps

.

4. Dengan bantuan below dan reverse ring, cara ini adalah update dari no 3. Dengan bellow pembesaran bisa diatur sesuai dengan yang kita inginkan

 sumber gambar: wikipedia

.

5. Dengan kombinasi lensa makro yang dikombinasi dengan lensa fix prima (yang bagus) yang dipasangkan terbalik (reverse). Cara ini konon adalah cara motret yang terbaik untuk mendapatkan hasil dan pembesaran obyek yang maksimal. Kekurangannya adalah mahal! 😀

   sumber gambar: wikipedia

.

6. Dengan menaruh kaca pembesar (lup) didepan lensa kita, saya kurang rekomendasi cara ini karena hasilnya kurang tajam dan muncul CA yang sangat tinggi. Cara ini mirip dengan filer close up hanya saja lensa dari kaca pembesar terkadang kurang baik kualitasnya sehingga hasilnya kurang baik. Tapi buat ingin coba2 motret makro tanpa harus membeli aksesoris tambahan cara ini sangat layak untuk dicoba supaya bisa merasakan sensasi motret makro 🙂

contoh hasil Leica Summicron 50 plus kaca pembesar: hasil kurang tajam, CA dan bluring dipinggiran. Ini adalah tanaman mikro yang biasa tumbuh di dinding berlumut

 sumber gambar: koleksi pribadi

.

7. Dengan extention tube, cara ini adalah menambahkan semacam tabung diantara lensa dan kamera kita yang intinya menjauhkan titik jatuh obyek di sensor sehingga didapatkan pembesaran obyek yang cukup ekstrim. Nah cara ini yang saya pake, yaitu menambahkan extention tube ke lensa fix saya. Kekurangannya adalah harus bongkar pasang untuk memperoleh pembesaran yang kita inginkan dan  tidak jalannya fungsi AF tapi gak masalah karena lensa yang saya pake adalah lensa manual. Biayanya? cuman 90-100 ribuan! Cukup murah kan?

Extention tube:

 sumber gambar: koleksi pribadi

Penampakan kamera yang saya pake: kamera Sony A200 + Extention tube + Leica Summicron 50/2

 sumber gambar: koleksi pribadi

penjelasan teknisnya

 sumber gambar: wikipedia

.

Berikut hasil foto makro dengan data teknis: kamera Sony A200 + Extention tube 123 + Leica Summicron 50/2.

Semua tanpa crop, available light & editing menaikan level sedikit.

ulet bulu lagi makan siang 🙂

.

red dragon fly, nungguin 3 hari di sawah sampe doi datang

.

ini adalah ujung rumput liar

.

ups… the end of the road

.

baru tahu kalo kepik ada bulu2 halusnya 🙂

.

si belalang coklat, varian belalang yang paling banyak

.

mungkin ukurannya cuman 3mm tapi luar biasa detailnya..

.

reversed making love? hehehe…

.

Sedikit tips ketika memotret makro:

1. Gunakan bukaan terkecil (diatas f8) untuk memperbesar dof, karena di fotografi makro dof amat sangat sempit sekitar sepersekian milimeter.

2. Untuk itu memotret dikala terang adalah waktu yang terbaik, jika tidak bisa menggunakan lampu tambahan seperti ring flash dll

3. Sabar. Memotret makro bukan seperti kita memotret model yang bisa kita arahkan, jadi harus sabar menunggu “modelnya” satang dan beraksi.

4. Jangan bunuh atau racunin serangga demi mendapatkan foto! Berusahalah sealami mungkin walaupun directing macro tidak dilarang.

Nah semoga tulisan ini bermanfaat.

selamat mencoba dan berkaryaaaa 🙂

Kartu Tanda Penduduk – KTP ku

E-KTP begitu hebooh beberapa waktu lalu , sampe di tipi2 orang berbondong2 pulang kampung hanya untuk membuat E-KTP yang katanya wajib! Saya adalah orang yang juaraaang banget mengeluarkan KTP dari dompet, yaa kalo gak ada keperluan gak bakaln keluar tuh KTP dari dompet. Jeleknya saya jadi selalu lupa kalo udah expired. Jujur aja saya termasuk orang yang gak suka dengan banyaknya kartu di dompet apalagi yang pake masa berlaku. Bayangin aja satu orang bisa punya beberapa no identitas nasional: KTP, SIM, kartu jamsostek, NPWP, paspor, Visa, PLN prabayar dll. Pertanyaan saya dari dulu: Kok nggak di jadiin satu aja si? ringkas gak ribet..

Nah kali ini saya sampe telat hampir setahun KTP habis mas berlakunya 🙂 buru2 ke pak RT mau minta E-KTP eelah dalah ternyata kampungku gak kebagian E-KTP hanya kodya Yogyakarta aja. Lha terus buat apa pemerintah gembar gembor E-KTP kalo gak merata penyebarannya? jawabannya: rahasia! hehehe….

Ya udah saya kebagian KTP lama lagi, dan pak RT menjelaskan bahwa sekarang udah gak pake pas foto tapi langsung foto di tempat kayak E-KTP dan langsung di print kayak SIM sayangnya kamera untuk KTP lama tuh jelek gak kayak yang dipake untuk E-KTP. Lha saya nanya emang dipisah pak? Iya ternyata kamera untuk E-KTP dan yang lama dipisah. Sesampainya di kecamatan saya amati ternyata untuk E-KTP ada ruangan khusus dengan kamera DSLR merk Canon 1000D plus lensa kit dengan tambahan lampu taman (lampu yang gagangnya merah yg biasa dipake ditaman ato didekorasi) sebagai tambahan cahaya. Setelah nama saya dipanggil untuk foto dan…. astaga naga kameranya…??!

ya ampuun… pake kamera webcam! dilihat dari jaraknya aja udah jelas gambarnya pasti burem stadium 4! lha wong webcam untuk jarak penggunaan 30 cm aja burem apalagi 2 meter! Itu lho lampu tamannya yang gagangnya merah dan lihat tripodnya kayaknya lebih mahal dari pada kameranya 😀

Eiitzz tunggu dulu.. hasilnya gak bureng kok malahan nyeni abiiiz! gak percaya? ni lihat…

.

dan ini dia wajahku:

ck ck ck… foto KTPku vector line art! jangan2 programnya KTP ada untuk mengolah foto menjadi line art ato hafltone line ya? gak mirip babarblas. Mungkin ada yang protes ya iya wong fotonya dibesarin pasti keliatannya garis2, maaf saudaraku gede segini aja gak jelas apalagi sekecil itu di KTP tambah gak keliatan 😀

Disini saya hanya pengen mengutarakan “Perlukah pendidikan desain grafis dan digital imaging untuk para perangkat desa?” Buktinya desain kartu identitas Indonesia itu gak bagus banget, ok barangkali jelek gpp tapi juga sulit dibaca alias tidak jelas. Itulah perlunya sentuhan desain grafis agar kartu kita enak lihat, mudah dibaca, modern, fotonya mirip dengan aselinya, tahan lama dll. Indonesia banyak banget kok tenaga desain grafis dan digital imaging yang siap membantu pemerintah dalam penataan ulang kartu identas. Coba aja dibuat sayembara untuk kartu identas yang baru dijamin ratusan ribu desain akan dikirim. Nah tinggal pemerintahannya mau ngga jika kartu identasnya dibuat bagus dan modern? Asal jangan jadi lahan korupsi baru yaa

Duh gak kebayang kalo ID card Indonesia digarap oleh desainer grafis dengan sentuhan fotografi yang bagus plus semuanya jadi satu kartu, hmmmm nyamannya. KTP + SIM A + SIM C (dan semua SIM lainnya) + NPWP + Jaminan Sosial jadi satu. Setiap WNI punya semacam kredit. Mau aplikasi tinggal barcde atau scan aja, kalo ketilang lalu lintas tinggal di scan aja langsung motong saldo kredit di akun kita, bahkan bisa kerjasama dengan pihak bank pemerintah jadi bisa jadi ATM. Jadi kalo kreditnya habis karena pelanggaran kita barulah diisi ulang. Udah gak pake tanda tangan pejabat karena otorisasi sudah langsung online dari pusat. Pokoke futuristik lah. Tapi sayang terbuka peluang korupsi yang sangat banyak dan bakalan banyak penyelewengan pemanfaatan data-data online. Lha wong data pribadi di bank dan operator seluler aja bocor?

Coba kalo KTP-SIM-NPWP-kartu jaminan sosial kita gini kan ringkas dan jelas, ya ngga? 😀

Saya ga bilang ide saya ini paling keren tapi paling tidak itu hanyalah harapan saya sebagai warga desainer grafis & fotografer untuk usulan ID card Indonesia kedepan walau rasanya masih jauuuh sekali.

Share: 80+ Inspiring Quotes about Design

Very inspiring and I just want to share from: here

 

We recieve quote messages everyday and we even have our favorites to keep us up and going. Here’s a collection of inspirational quotes from designers and even from people outside it giving their personal understanding on Design.

These quotes will surely inspire, assist, motivate, and help every one about Design.

Read and Share this Quotes and be Inspired today!

 

Design is a plan for arranging elements in such a way as best to accomplish a particular purpose.

— Charles Eames

.

Everything is designed. Few things are designed well.

— Brian Reed

.

There is no design without discipline. There is no discipline without intelligence.

— Massimo Vignelli

.

People ignore design that ignores people.

— Frank Chimero

.

I’ve always held to the belief that the practice of creating compelling graphic design occurs not by employing the principals of a democracy, but rather, that of a monarchy.

— Thomas Vasquez

.

Good design is obvious. Great design is transparent.

— Joe Sparano

.

Every designers’ dirty little secret is that they copy other designers’ work. They see work they like, and they imitate it. Rather cheekily, they call this inspiration.

— Aaron Russell

.

The most innovative designers consciously reject the standard option box and cultivate an appetite for thinking wrong.

— Marty Neumeier

.

Visual design is often the polar opposite of engineering: trading hard edges for subjective decisions based on gut feelings and personal experiences. It’s messy, unpredictable, and notoriously hard to measure. The apparently erratic behavior of artists drives engineers bananas. Their decisions seem arbitrary and risk everything with no guaranteed benefit.

— Scott Stevenson

.

Design is where science and art break even.

— Robin Mathew

.

Good design goes to heaven; bad design goes everywhere.

— Mieke Gerritzen

.

A designer is a planner with an aesthetic sense.

— Bruno Munari

.

Design is the application of intent – the opposite of happenstance, and an antidote to accident.

— Robert L. Peters

.

Design is the search for a magical balance between business and art; art and craft; intuition and reason; concept and detail; playfulness and formality; client and designer; designer and printer; and printer and public.

— Valerie Pettis

.

Design should never say, “Look at me.” It should always say, “Look at this.”

— David Craib

.

Bad design is smoke, while good design is a mirror.

— Juan-Carlos Fernàndez

.

Don’t design for everyone. It’s impossible. All you end up doing is designing something that makes everyone unhappy.

— Leisa Reichelt

.

Design is as much an act of spacing as an act of marking.

— Ellen Lupton

.

The design process, at its best, integrates the aspirations of art, science, and culture.

— Jeff Smith

.

Good design is a lot like clear thinking made visual.

— Edward Tufte

.

Design is intelligence made visible.

— Alina Wheeler

.

Math is easy; design is hard.

— Jeffrey Veen

.

Design is the conscious effort to impose a meaningful order.

— Victor Papanek

.

Design trends online change more often than the wind, and slightly less often than my socks.

— Suleiman Leadbitter

.

Content precedes design. Design in the absence of content is not design, it’s decoration.

— Jeffrey Zeldman

.

People think that design is styling. Design is not style. It’s not about giving shape to the shell and not giving a damn about the guts. Good design is a renaissance attitude that combines technology, cognitive science, human need, and beauty to produce something that the world didn’t know it was missing.

— Paola Antonelli

.

Design is an opportunity to continue telling the story, not just to sum everything up.

— Tate Linden

.

Design is not the narrow application of formal skills, it is a way of thinking.

— Chris Pullman

Designers are meant to be loved, not to be understood.

— Fabien Barral

.

Design is about making things good (and then better) and right (and fantastic) for the people who use and encounter them.

— Matt Beale

.

Design is the fundamental soul of a human-made creation that ends up expressing itself in successive outer layers of the product or service.

— Steve Jobs

.

I’m convinced that without bad design, the world would be a far less stimulating place; we would have nothing to marvel over and nothing to be nostalgic about.

— Carrie Phillips

.

Behavioral design is all about feeling in control. Includes: usability, understanding, but also the feel.

— Don Norman

.

Good design must be defined by appropriateness to audience and goals, and by its effectiveness, not by its adherence to Swiss design or the number of awards it wins.

— Drew Davies

.

Being a famous designer is like being a famous dentist.

— Noreen Morioka

.

Design creates culture. Culture shapes values. Values determine the future.

— Robert L. Peters

.

It’s art if can’t be explained.
It’s fashion if no one asks for an explanation.
It’s design if it doesn’t need explanation.

— Wouter Stokkel

.

You can’t do better design with a computer, but you can speed up your work enormously.

— Wim Crouwel

.

I love the comment, “You must love designing for a living.” At that point I usually start to laugh or break into uncontrollable tears.

— Andrew Lewis

.

The dumbest mistake is viewing design as something you do at the end of the process to ‘tidy up’ the mess, as opposed to understanding it’s a ‘day one’ issue and part of everything.

— Tom Peters

.

Designers have a dual duty; contractually to their clients and morally to the later users and recipients of their work.

— Hans Höger

.

Computers are to design as microwaves are to cooking.

— Milton Glaser

.

I find modernist design boring, but it so much faster!

— Christine Suewon Lee

.

A common mistake that people make when trying to design something completely foolproof is to underestimate the ingenuity of complete fools.

— Douglas Adams

.

A camel is a horse designed by a committee.

— Sir Alec Issigonis

.

A designer can mull over complicated designs for months. Then suddenly the simple, elegant, beautiful solution occurs to him. When it happens to you, it feels as if God is talking! And maybe He is.

— Leo Frankowski

.

For me, design is like choosing what I’m going to wear for the day – only much more complicated and not really the same at all.

— Robynne Raye

.

Design is a means toward accomplishing the end goals of serving markets and generating profits. Furthermore, design is an element in social responsibility. Good design allows “form to complement performance.” The way things look is not irrelevant to the way things work: how they work is how they should look.

— Thomas F. Schutte

.

Art is like masturbation. It is selfish and introverted and done for you and you alone. Design is like sex. There is someone else involved, their needs are just as important as your own, and if everything goes right, both parties are happy in the end.

— Colin Wright

.

Many desperate acts of design (including gradients, drop shadows, and the gratuitous use of transparency) are perpetuated in the absence of a strong concept. A good idea provides a framework for design decisions, guiding the work.

— Noreen Morioka

.

I would show my my jobs to my mother, and she would always say the same thing: “That’s nice dear.” And then she would say, “Did you write it?” or “Did you do the drawing?” or “Did you take the pictures?” I’d always answer “no,” then I realized the problem. My answer was then, “I made this happen. It’s called design.”

— Brian Webb

.

Most [clients] expect experience design to be a discrete activity, solving all their problems with a single functional specification or a single research study. It must be an ongoing effort, a process of continually learning about users, responding to their behaviors, and evolving the product or service.

— Dan Brown

.

Technology over technique produces emotionless design.

— Daniel Mall

.

I think design covers so much more than the aesthetic. Design is fundamentally more. Design is usability. It is Information Architecture. It is Accessibility. This is all design.

— Mark Boulton

.

A design isn’t finished until somebody is using it.

— Brenda Laurel/p>

.

The life of a designer is a life of fight: fight against the ugliness.

— Massimo Vignelli

.

If design isn’t profitable, then it’s art.

— Henrik Fiskar

.

Good design is all about making other designers feel like idiots because that idea wasn’t theirs.

— Frank Chimero

.

A well-designed text will seem weightless after a time; the initial feel of the book fades away as the mind becomes engrossed in the words.

— Mandy Brown

.

Graphic design will save the world right after rock and roll does.

— David Carson

.

The difference between a Designer and Developer, when it comes to design skills, is the difference between shooting a bullet and throwing it.

— Scott Hanselman

.

Practice safe design: Use a concept.

— Petrula Vrontikis

.

Create your own visual style… let it be unique for yourself and yet identifiable for others.

— Orson Welles

.

Good design keeps the user happy, the manufacturer in the black and the aesthete unoffended.

— Raymond Loewy

.

Always design a thing by considering it in its next larger context – a chair in a room, a room in a house, a house in an environment, an environment in a city plan.

— Eliel Saarinen

.

Truly elegant design incorporates top-notch functionality into a simple, uncluttered form.

— David Lewis

.

A designer knows he has achieved perfection not when there is nothing left to add, but when there is nothing left to take away.

— Antoine de Saint Exupéry

.

Designers think everything done by someone else is awful, and that they could do it better themselves, which explains why I designed my own living room carpet, I suppose.

— Chris Bangle

.

It’s really hard to design products by focus groups. A lot of times, people don’t know what they want until you show it to them.

— Steve Jobs

.

At a meta level, design connects the dots between mere survival and humanism.

— Erik Adigard

.

To say that something is designed means it has intentions that go beyond its function. Otherwise it’s just planning.

— Ayse Birsel

.

No design works unless it embodies ideas that are held common by the people for whom the object is intended.

— Adrian Forty

.

Many things difficult to design prove easy to perform.

— Samuel Johnson

.

The designer is a visually literate person, just as an editor is expected by training and inclination to be versed in language and literature, but to call the former an artist by occupation is as absurd as to refer to the latter as a poet.

— Douglas Martin

.

Questions about whether design is necessary or affordable are quite beside the point: design is inevitable. The alternative to good design is bad design, not no design at all. Everyone makes design decisions all the time without realizing it—like Moliere’s M. Jourdain who discovered he had been speaking prose all his life—and good design is simply the result of making these decisions consciously, at the right stage, and in consultation with others as the need arises.

— Douglas Martin

.

Design is easy. All you do is stare at the screen until drops of blood form on your forehead.

— Marty Neumeier

.

The only important thing about design is how it relates to people.

— Victor Papanek

.

Our opportunity, as designers, is to learn how to handle the complexity, rather than shy away from it, and to realize that the big art of design is to make complicated things simple.

— Tim Parsey

.

The public is more familiar with bad design than good design. It is, in effect, conditioned to prefer bad design, because that is what it lives with. He new becomes threatening, the old reassuring.

— Paul Rand

.

Art is an idea that has found its perfect visual expression. And design is the vehicle by which this expression is made possible. Art is a noun, and design is a noun and also a verb. Art is a product and design is a process. Design is the foundation of all the arts.

— Paul Rand

.

Designing a product is designing a relationship.

— Steve Rogers

.

It is easy to fail when designing an interactive experience. Designers fail when they do not know the audience, integrate the threads of content and context, welcome the public properly, or make clear what the experience is and what the audience’s role in it will be.

— Edwin Schlossberg

.

Good design is good business.

— Thomas J. Watson Jr.

.

Great design will not sell an inferior product, but it will enable a great product to achieve its maximum potential.

— Thomas J. Watson Jr.

.

…designers can make life more bearable by producing stuff that touches its audience rather than fucks them in the head.

— Jon Wozencraft

.

Design is in everything we make, but it’s also between those things. It’s a mix of craft, science, storytelling, propaganda, and philosophy.

— Erik Adigard

.

I never design a building before I’ve seen the site and met the people who will be using it.

— Frank Lloyd Wright

.

The fundamental failure of most graphic, product, architectural, and even urban design is its insistence on serving the God of Looking-Good rather than the God of Being-Good.

— Richard Saul Wurman

.

Design is a language

— me: Toni Handoko