this is me

Kartu Tanda Penduduk – KTP ku

E-KTP begitu hebooh beberapa waktu lalu , sampe di tipi2 orang berbondong2 pulang kampung hanya untuk membuat E-KTP yang katanya wajib! Saya adalah orang yang juaraaang banget mengeluarkan KTP dari dompet, yaa kalo gak ada keperluan gak bakaln keluar tuh KTP dari dompet. Jeleknya saya jadi selalu lupa kalo udah expired. Jujur aja saya termasuk orang yang gak suka dengan banyaknya kartu di dompet apalagi yang pake masa berlaku. Bayangin aja satu orang bisa punya beberapa no identitas nasional: KTP, SIM, kartu jamsostek, NPWP, paspor, Visa, PLN prabayar dll. Pertanyaan saya dari dulu: Kok nggak di jadiin satu aja si? ringkas gak ribet..

Nah kali ini saya sampe telat hampir setahun KTP habis mas berlakunya🙂 buru2 ke pak RT mau minta E-KTP eelah dalah ternyata kampungku gak kebagian E-KTP hanya kodya Yogyakarta aja. Lha terus buat apa pemerintah gembar gembor E-KTP kalo gak merata penyebarannya? jawabannya: rahasia! hehehe….

Ya udah saya kebagian KTP lama lagi, dan pak RT menjelaskan bahwa sekarang udah gak pake pas foto tapi langsung foto di tempat kayak E-KTP dan langsung di print kayak SIM sayangnya kamera untuk KTP lama tuh jelek gak kayak yang dipake untuk E-KTP. Lha saya nanya emang dipisah pak? Iya ternyata kamera untuk E-KTP dan yang lama dipisah. Sesampainya di kecamatan saya amati ternyata untuk E-KTP ada ruangan khusus dengan kamera DSLR merk Canon 1000D plus lensa kit dengan tambahan lampu taman (lampu yang gagangnya merah yg biasa dipake ditaman ato didekorasi) sebagai tambahan cahaya. Setelah nama saya dipanggil untuk foto dan…. astaga naga kameranya…??!

ya ampuun… pake kamera webcam! dilihat dari jaraknya aja udah jelas gambarnya pasti burem stadium 4! lha wong webcam untuk jarak penggunaan 30 cm aja burem apalagi 2 meter! Itu lho lampu tamannya yang gagangnya merah dan lihat tripodnya kayaknya lebih mahal dari pada kameranya😀

Eiitzz tunggu dulu.. hasilnya gak bureng kok malahan nyeni abiiiz! gak percaya? ni lihat…

.

dan ini dia wajahku:

ck ck ck… foto KTPku vector line art! jangan2 programnya KTP ada untuk mengolah foto menjadi line art ato hafltone line ya? gak mirip babarblas. Mungkin ada yang protes ya iya wong fotonya dibesarin pasti keliatannya garis2, maaf saudaraku gede segini aja gak jelas apalagi sekecil itu di KTP tambah gak keliatan😀

Disini saya hanya pengen mengutarakan “Perlukah pendidikan desain grafis dan digital imaging untuk para perangkat desa?” Buktinya desain kartu identitas Indonesia itu gak bagus banget, ok barangkali jelek gpp tapi juga sulit dibaca alias tidak jelas. Itulah perlunya sentuhan desain grafis agar kartu kita enak lihat, mudah dibaca, modern, fotonya mirip dengan aselinya, tahan lama dll. Indonesia banyak banget kok tenaga desain grafis dan digital imaging yang siap membantu pemerintah dalam penataan ulang kartu identas. Coba aja dibuat sayembara untuk kartu identas yang baru dijamin ratusan ribu desain akan dikirim. Nah tinggal pemerintahannya mau ngga jika kartu identasnya dibuat bagus dan modern? Asal jangan jadi lahan korupsi baru yaa

Duh gak kebayang kalo ID card Indonesia digarap oleh desainer grafis dengan sentuhan fotografi yang bagus plus semuanya jadi satu kartu, hmmmm nyamannya. KTP + SIM A + SIM C (dan semua SIM lainnya) + NPWP + Jaminan Sosial jadi satu. Setiap WNI punya semacam kredit. Mau aplikasi tinggal barcde atau scan aja, kalo ketilang lalu lintas tinggal di scan aja langsung motong saldo kredit di akun kita, bahkan bisa kerjasama dengan pihak bank pemerintah jadi bisa jadi ATM. Jadi kalo kreditnya habis karena pelanggaran kita barulah diisi ulang. Udah gak pake tanda tangan pejabat karena otorisasi sudah langsung online dari pusat. Pokoke futuristik lah. Tapi sayang terbuka peluang korupsi yang sangat banyak dan bakalan banyak penyelewengan pemanfaatan data-data online. Lha wong data pribadi di bank dan operator seluler aja bocor?

Coba kalo KTP-SIM-NPWP-kartu jaminan sosial kita gini kan ringkas dan jelas, ya ngga?😀

Saya ga bilang ide saya ini paling keren tapi paling tidak itu hanyalah harapan saya sebagai warga desainer grafis & fotografer untuk usulan ID card Indonesia kedepan walau rasanya masih jauuuh sekali.

4 responses

  1. keren ton, aku setuju ama idemu🙂

    January 24, 2012 at 21:03

  2. Mantab kang…
    aku dukung…

    smoga cepat terwujud….😀

    February 1, 2012 at 11:16

    • makasih kang, smoga cepat terwujud😀

      February 1, 2012 at 14:50

  3. Ide bagus tuh gabungin semua identitas jadi 1, malah baru-baru ini ada lagi 1 kartu yang namanya inafis, menurut mas Toni bagaimana?

    August 27, 2012 at 14:48

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s