this is me

40+ makanan Indonesia terbaik

If you can read this list without drooling you’re doing better than us – By Sara Schonhardt

sluuurp.. sekali kali nulis yang enak2 ah, biar sambil ngiler nulisnya hehehe… sebenarnya ada banyak versi tentang makanan2 terbaik dari Indonesia, tapi versi cnngo ini saya cocok, jadi saya mencoba menyadurnya dan menyajikannya disini

Berikut ini 40 makanan terbaik Indonesia: (versi cnngo)

1. Sambal

Siapa sih gak doyan sambel, kalo gak ada sambel  makanan jadi kurang sedap rasanya. Ada ratusan macam sambel dari Indonesia. Dulu alm. ayah saya pernah bercanda: “Ton, besok kalo punya pacar  tandanya kalo pacarmu adalah calon isterimu adalah kamu kalo cocok makan dengan ulekan sambelnya. Contohnya ibumu tuh ulekan sambelnya uenak sekali makanya cocok jadi istri”. Hahahaha… saya masih geli kalo teringat guyonan masa kecil saya dengan alm ayah. Inti dari guyon ini adalah sambal adalah makanan sederhana dengan bahan2 sederhana tapi cukup sulit lho membuatnya, cobalah dengan bahan inti: cabe  merah + garam + terasi + gula pasir terus diuleg eit.. tidak semua orang bisa memadukan 4 unsur tadi menjadi sambel yang enak. Dan untungnya sambel buatan saya enak kata mereka yang sudah pernah mencicipinya. Boleh dibilang sambel adalah makanan pokok tambahan buat orang Indonesia kan?

2. Sate / satay

hmmm.. dulu ada lelucon juga: tinggal makan nasi putih sebelah tukang sate berasa seperti makan pake sate hehehe betul juga kan?

3. Bakso

Siapa yang pacar / istri pembaca gak suka bakso? jawabannya tidak ada kan? tidak ada yang tidak suka bakso kecuali mereka yang tidak makan daging sapi.

4. Soto

Soto adalah salah satu masakan yang rumit dimasak, jadi wajar saja kalo rasanya emang enak. Ada banyak varian tergantung kotanya misal: soto pekalongan, sokaraja, banjar, betawi, madura dll

5. Nasi goreng

Siapa yang nyangka makanan yang tadinya berasal dari pemanfaatan nasi kemarin trus di goreng jadi sarapan favorit orang Indonesia, walau berasal dari negri cina tapi orang indonesia berhasil menyempurnakan sesuai dengan lidah kita

6.Gado2

Sesuai namanya campuran sayuran + ketupat / lontong + saus kacang + kerupuk ini emang lezat banget dimakan siang2 ya..🙂

7. Nasi uduk

Makanan favorit aseli dari betawi dengan mencampurkan nasi dengan santan kelapa ditambah lauk pauk campur: ayam / telor, kering tempe & teri tambah kerupuk / emping melinjo saangat menggugah selera makan siang kita😀

8. Nasi padang

Ini dia makanan paling mengindonesia, dimana2 ada warung nasi padang! ya kan? Katanya Singapura tidak bisa tanpa nasi padang. Wow ini 100% Indonesia lho! Masakan terkenal dengan rasanya yang kuat karena campuran rempah2 dan bumbu2 ‘rahasia’ mereka.

9. Ayam goreng

Walaupun bahasa inggrisnya adalah fried chicken tapi ini beda fried chicken ala amrik, ayam goreng ala indonesia disini adalah yang menggunakan ayam kampung yang masih muda / kecil, jujur aja ini lebih lezat dari fried chicken kan? walaupun namanya sama🙂

10. Mi goreng

Disitus aselinya tertulis bakmie goreng, menurut saya salah karena kata bakmie itu artinya mengandung babi (bak) seperti bakpao, bakpia, bakmoy sebenarnya adalah makanan2 yang mengandung babi hanya saja sudah disesuaikan dengan Indonesia jadi tinggal namanya aja. Mie goreng disini meliputi dari yang paling kurus: bihun sampe yang paling gendut: kwetiau

11. Gudeg

makanan khas jogja ini emang uenak buat mereka yang gemar makanan berbumbu manis, berasal dari nangka muda yang direbus berjam2 bersama santan dan gula, ditambah telur, ayam + krecek, kedelai emang paass banget di santap pagi2 di jogja.

12. Rawon

Resep rebusan daging sapi lus keluak aseli jawa timur ini tidak seseram warnanya, walau berwarna coklat gelap karena keluak tapi rasanya yahuud banget!

13. Pecel lele

Kombinasi sederhana dari ikan lele goreng ditambah sayur lalap + sambel ini memang menimbulkan sensasi tersendiri ketika dimakan, juga termasuk maha hadir dibanyak kota di Indonesia

14. Opor ayam

Hasil rebusan daging ayam dengan santan ini bercita rasa tradisional Indonesia, bahkan bisa dibilang makanan pokok di bulan ramadan dipadukan dengan ketupat dan samel goreng ati plus kerupuk hmmm lezato!

15. Mie ayam

Ini juga “pesaing” berat dari bakso😀 selain tukang bakso tukang mie ayam juga meraja lela karena cita rasanya yang enak, apalgi jika mie dibuat secara manual dengan bumbu2 yang aduhai

16. Babi guling

Masakan khas dari Bali ini adalah masakan favorit dikalangan masyarakat Bali yang non muslim tentunya.

17. Gulai

Sejenis masakan kari yang lebih simple dan sedikti lebih manis rasanya, bisa dipadukan dengan daging ayam, sapi atau yang paling populer dengan daging kambing.

18. Bubur ayam

Bubur ayam adalah sarapan pagi favorit terutama untuk masyarakat Sunda dan Betawi dari orang rumahan sampai pejabat doyan banget ‘sabu ayam’: sarapan bubur ayam😀

19. Bakpao

Ternyata kue tradisional asal negri cina ini sudah dimodif sedemikian rupa dengan citarasa Indonesia sampai2 menjadi roti yang mengindonesia, dimana2 ada bakpao dengan rasa kacang ijo, kacang item, kacang tanah, daging sapi, ayam, babi, coklat, nanas dll

20. Asinan sayur

Campuran asinan sawi yang dipadu dengan sayuran lain dengan saus kacang + gula kelapa untuk mengimbangi keasaman dari sawi ini legit di santap siang hari

21. Cah kangkung

Kombinasi kangkung dengan bumbu dasar bawang putih dan cabe adalah masakan favorit orang Indonesia pada umumnya

22. Pepes Ikan

Pepes didapat dari mengukus ikan / daging lainnya yang di balur dengan bumbu2 rempah yang dibungkus daun pisang dengan cita rasa Indonesia banget. Variasinya: pepes ayam, tahu dll Sedap sekaleeee….

23. Pempek

Pertama kali diciptakan oleh seorang pria tua keturunan cina dipalembang dari bahan dasar ikan dan tepung tapioka di padu dengan saus cuka hitam pedas ditambah potongan ketimun untuk menyeimbangkan rasa pedasnya. Kebetulan kakak saya punya warung empek2 di Jogja dan katanya sampe sekarang hanya bahan2 aseli palembang yang bisa menghasilkan pempek yang lezat dan empek (spt: tepung, ikan, gula dll)

24. Perkedel

Katanya kerabat dari Dutch minced-meat frikandel yang merupakan campuran dari kentang yang dihaluskan kemudian digoreng. Ada variasinya: perkedel jagung, tahu, tempe dll. Dibandung tepatnya di stasiun orang rela antri subuh2 demi makan pake perkedel panas tradisional ini.

25. Martabak

Ada 2: manis dan asin. Martabak manis disebut juga martabak bangka kalo dijogja di sebut kue bandung ini adalah versi kompleks dari crepe, lebih tebal, lebih manis, empuk dengan lemak 10 kali lipatnya😀 Sedangkan martabak asin konon berasal dari India tapi martabak aceh lebih ngetop rasanya.

26. Sayur Asem

Versi asam dari sup sayur dan kerabat dekat sayur bening. Sayur asem adalah perpaduan sayuran jagung, labu siam, wortel, daun melinjo yang dimasak dengan air asem ini favorit banget untuk makanan rumahan di Indonesia

27. Sop buntut

Diperbaharui oleh koki hotel borobudur tahun 1973 setelah melihat seorang mentri makan menggunakan mangkuk di pinggir jalan. Sop buntu dicintai semua kalangan di Indonesia

28. Ketoprak

Ini bukan nama pementasan tradisional jawa tapi ini nama makanan yang terdiri dari bihun, ketupat dan tauge yang disiram kuah kacang.

29. Balado terong

Terbuat dari terong ungu panggang dengan toping sambel terasi. Ini favorite ibu dan istri saya, mertua dan menantu yang kompak🙂

30. Lontong sayur

Lontong terbuat dari beras + ketan yang dibungkus daun pisang yang dikukus berjam2, kemudian dicampur dengan sayur pepaya muda yang dimasak santan. Dijogja tepatnya daerah godean, dimakan dengan perpaduan sate sapi manis. hmm.. lezato

31.Rendang

Masakan daging sapi ala Padang yang paling terkenal, bahkan CNNgo pernah menempatkannya sebagai posisi pertama dari 40 makanan terfavorit sedunia!

32. Tahu gejrot

Kenapa dinamakan tahu gejrot? ya emangnya membuatkan digejrotkan di bumbu kecap dan cabe, penganan asal sunda ini emang enak rasanya.

33. Sop kambing

Sup yang kuat dengan kaldu kuning penuh seledri, tomat, dan potongan besar daging kambing, hidangan ini bisa membuat pria2 bergetar!. Berhati-hatilah jika Anda memiliki tekanan darah tinggi.

34.Siomay

Bisa disebut sebagai dim sum versi Indonesia, berasal dari cina dengan nama shaomai. Disajikan lengkap dengan telur, kubis, tahu, kentang dan pare yang disiram saus kacang.

35. Ikan bakar

Sebagai negara bahari tentu saja ikan menempati jajaran makanan terenak dari Indonesia. Olahan yang paling favorit adalah ikan bakar. Sebuah hidangan ikan yang dibakar diatas bara dengan rempah dan bumbu khas plus kecap dan cabe.

36. Daun pepaya

Hidangan favorit dari daerah manado, pepaya adalah salah satu pohon yang tumbuh tercepat di benua Asia. Biasanya diolah dengan cara di oseng pake bawang dan cabe.

37. Otak otak

Salah lagi olahan ikan dari palembang yang terkenal: otak otak. Racikan ikan yang dibugkus daun pisang yang dibakar. Disajikan dengan cabe merah dan kecap fermentasi tapi lebih populer dengan saus kacang.

38. Bebek goreng

Indonesia dulu dikenal sebagai negara agraris, otomatis banyak sawah. Banyak sawah = banyak bebek. Daging bebek lebih gurih daripada daging ayam tapi kandungan kolesterolnya jauh lebih banyak bebek.

39.Gorengan

Adalah makanan ringan paling produktif di Indonesia, dimana2 ada!. Macamnya: tempo goreng, tahu greng. tahu isi, bakwan, cireng, tape. Hati2 kebersihan minyak sangat menentukan sehat tidaknya makanan ini.

40. Mie instan

Jangan bilang mie instan tidak termasuk makanan paling disukai di Indonesia. Setiap orang Indonesia pasti pernah makan mie instan alias makanan favorit mahasiswa😀

Sebagai penggemar makanan saya pengen nambahin makanan Indonesia favorit saya:

Nasi kuning, terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan dan kunir, mirip dengan nasi uduk hanya saja berwarna kuning. Disajikan dengan lauk ayam goreng / telur masak sambal, kering tempe / kentang, telur dadar, serundeng, abon dan sambel tomat. duuh jadi pengen..🙂

Disadur ulang dari 40 of Indonesia’s best dishes cnngo

Silahkan ngeces.. hahaha…

Bangga jadi Indonesia!

Comments are closed.