this is me

Mewarnai foto BW dengan Photoshop

Just want share…

Biasanya jaman sekarang untuk membuat foto BW tinggal menjepret dengan kamera dalam mode warna kemudian mengubah menjadi BW di komputer dengan sekali klik! Nah bagaimana jika sebaliknya? Hehehe jangan harap sekali klik jadi, prosesnya cukup puanjang dan laamaaa…. Prosesnya melalui baik editing maupun manipulasi digital. Banyak cara untuk mewarnai foto hitam putih dengan Adobe Photoshop, salah satunya adalah dengan mengambil warna dari foto lain. Dengan cara menumpuknya di layer dan mengambil warna yang kita inginkan dengan blending dan masking.

Berikut caranya:

Pertama2 pastikan dulu mau dijadikan foto berwarna seperti apa nantinya. Disini saya mau bikin foto berwarna bernuansa lukisan etnik dan vintage. Kemudian pastikan juga bahwa foto BW yang akan diwarnai sudah benar secara aturan fotografi, misalnya fokusnya benar, dofnya pas, komposisi, gelap terang sudah ok dll. Editlah foto BWmu bila perlu untuk memperindah dan memperkuat ‘mood’nya.

Data teknis foto dibawah ini: Sony A200 | Leica Summicron 50/2 | 1/30s | iso400 | 4900K | Black and white mode: 0 – 0 – 0 | AdobeRGB | no flash

Untuk memperkuat kesan ‘njawani’nya bisa ditambahkan ornamen2 yang kental unsurnya jawanya misal: tulisan jawa, ukir2an, jogjlo, batik dll. Disini saya pake yang pertama adalah tulisan jawa yang saya ambil dari serat lokapala (bebas kok pake apa aja yang penting huruf hanacarakanya kuat).

kedua ditambahkan ornamen batik

ketiga saya tambahkan foto yang bisa menambah brightness sekaligus memperkuat unsur jawa, yaitu halaman buku bertulisakan jawa yang terbuka

setelah foto BWNya dirasa cukup kuat, baru dimulai proses pewarnaanya. Disini saya pilih foto yang bisa mewakili warna dasar skintone dan warna nuansa yang kita inginkan, saya gunakan background foto yang bernuansa vintage dengan warna dominan hijau muda supaya didapat nuansa hijau vintage pada hasil akhirnya

Berikutnya ini yang paling penting adalah pemilihan foto sebagai warna skintone. Saya memilih foto background dengan warna coklat keemasan yang paling mendekati dengan skintone dan vintage color. dan hasilnya cukup mendekati skintone yang saya inginkan.

Untuk mempertegas foto saya gunakan background bercak + vignette + noise

Manipulasi terakhir adalah mempertegas kembali unsur ‘njawani’nya dan nuansa warna yang kita inginkan saya menambahkan gambar dengan unsur jawa dan warna yang kuat: gunungan batik berwarna coklat

Kemudian saya adjust kembali warnanya supaya lebih nonjok🙂

hasil akhir:

Jangan lupa untuk melakukan masking pada setiap layernya untuk mendapatkan hasil seperti yang kita inginkan, mode blending dan opacitynya sudah tersedia diatas. Sebenarnya blending dan opacity itu tergantung dari selera kita masing2 jadi jangan dijadikan patokan ya, coba2 siapa tahu hasilnya lebih bagus🙂 Dan untuk pemanisnya bisa ditambahkan coklat bubuk eh salah.. border painting atau old film supaya jadi lebih sedap dipandang.

Gambar2 background bisa dari foto sendiri dan bisa ambil dari internet tapi yang free ya

Ringkasan susunan layer seperti ini, total ada 20 layer

semoga bermanfaat🙂

©2011 tonihandoko – All rights reserved

Leave a Reply

